Satlantas Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan edukasi kepada warga mengenai adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19 melalui kegiatan Operasi Patuh Menumbing 2020.

"Edukasi kami lakukan kepada setiap pengendara kendaraan dalam kegiatan Operasi Patuh Menumbing 2020," kata Kasatlantas Polres Bangka, AKP Nannang Suwardi di Sungailiat, Senin.

Ia menjelaskan sejumlah personelnya diterjunkan untuk melakukan operasi patuh pada beberapa titik sambil membagikan masker dan mengingatkan warga terkait protokol kesehatan.

"Operasi patuh digelar mulai 23 April sampai 6 Agustus 2020, tidak hanya upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi lalu lintas, tetapi juga mengajak warga mulai beradaptasi dengan tatanan hidup baru di tengah pandemi," ujarnya.

Ia mengatakan pihak kepolisian dalam operasi patuh selain menekankan pengguna kendaraan bermotor di jalan raya mematuhi protokol kesehatan, pihaknya juga akan menindak tegas bagi yang melakukan pelanggaran tertib berlalu lintas seperti, tidak memakai helm, tidak melengkapi SIM maupun dokumen berkendara lainnya.

"Bagi yang melakukan pelanggaran akan kami tindak seperti, menilang SIM, STNK bahkan menahan kendaraan bermotornya," katanya.

Dia mengatakan, sejak dimulainya operasi patuh Menumbing 2020, tercatat puluhan dokumen kendaraan bermotor baik SIM dan STNK berhasil dilakukan penilangan termasuk belasan kendaraan bermotor.

"Menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menekan penyebaran COVID-19 harus dilakukan bersama-sama seluruh masyarakat," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020