Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengatakan bahwa daerah itu fokus mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung setelah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Jadi saat ini kami berupaya untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan karena yang kami jual saat ini adalah keamanan Belitung," katanya di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, harapan bersama para pelaku wisata saat ini adalah bagaimana pariwisata Belitung dapat segera pulih.

"Sudah satu bulan lebih Belitung meluncurkan normal baru tetapi pariwisata kita belum juga menunjukkan angka yang signifikan," ujarnya.

Ia mencontohkan, saat ini tingkat hunian hotel, restoran masih sangat rendah sekali bahkan pergerakan jumlah penumpang di bandara masih sepi.

"Sehingga kami harus menjawab kebutuhan pelaku pariwisata yang mereka sudah investasikan secara sosial, ekonomi, psikologi secara besar-besaran sekarang menghadapi pandemi mereka tidak boleh sendirian pemerintah harus mendampingi," katanya.

Isyak mengatakan, pandemi COVID-19 cukup membuat pariwisata tanah air terpukul seperti Bali yang tingkat pertumbuhannya sama dengan Belitung yakni di bawah lima persen.

"Jadi saat ini kita berada di garis start yang sama seperti Bali,  kami harus memulainya dan mencuri perhatian," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020