Kontingen Kabupaten Bangka Barat menduduki peringkat enam dari tujuh kontingen yang berlomba dalam kegiatan Musabaqah Tillawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2020 di Kota Pangkalpinang.

"Sampai berakhirnya kegiatan kita hanya mampu meraih peringkat enam dari tujuh kontingen yang berpartisipasi, raihan hasil akhir tahun ini menurun dibandingkan pada kegiatan sebelumnya yang mampu menduduki peringkat empat," kata Kasubag Sosial Bagian Sosial Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Agus Sunawan di Mentok, Rabu.

Menurut dia, penurunan prestasi yang diraih saat ini merupakan sebuah tantangan besar dalam pola pembinaan selanjutnya dan akan dijadikan sebagai pemicu untuk terus mencari, membina dan mengembangkan para Qari'/Qori'ah, Hafidz/Hafidzah, dan Khattath/Khattathah di Kabupaten Bangka Barat.

"Anak-anak Bangka Barat yang berlaga dalam MTQ IX tingkat Provinsi Babel, sudah memberikan yang terbaik bagi daerah, kami berharap mereka akan semakin terpacu dan termotivasi agar ke depan lebih berprestasi," katanya.

Dalam hal raihan prestasi dalam ajang tersebut, secara keseluruhan kontingen Kabupaten Bangka Barat dinilai merata diseluruh cabang lomba, namun sebagian besar hanya mampu meraih peringkat tiga sehingga secara akumulasi poin kalah dibandingkan daerah lain.

Dalam MTQ, pola penilaian kontingen berdasarkan hitungan poin, untuk juara pertama mendapatkan poin lima, juara dua tiga poin dan juara tiga satu poin.

Dari 28 cabang yang dilombakan kategori putra dan putri, Kabupaten Bangka Barat mengirimkan sebanyak 45 peserta dan hanya satu yang tidak ada perwakilan yaitu cabang Qira'at Murattal Dewasa.

Dari seluruh cabang lomba, Kontingen Bangka Barat yang meraih prestasi yaitu, Syarhil Putra (peringkat tiga cabang Khot), Lia Muniati peringkat tiga cabang Dekorasi Putri, Sumarlin peringkat tiga cabang Kontemporer Putra, Ahmad Zaki peringkat satu Tilawah
Tartil Putra, Putri Naila Faizah peringkat tiga Tartil Putri, Kayla Zeizahra Tilawah Anak Putri, Jawahirlal Azwan peringkat tiga Tilawah Dewasa Putra, Medi peringkat tiga Qiro'at Mujawwad Dewasa Putra, Zulfah Mawaddah peringkat dua Qiro'at Mujawwad Dewasa Putri, Maznur Royhanda peringkat satu Hifzhil 10 Juz Putra, Abdusy Syahid Fathullah peringkat tiga Hifzhil 20 Juz Putra, Fauziah Wulandari peringkat satu Hifzhil 20 Juz Putri, Musa peringkat dua Hifzhil 30 Juz Putra, dan Fitriyah Shalihati peringkat satu Hifzhil 30 Juz Putri.

Dari hasil tersebut Bangka Barat akan mengirimkan empat orang utusan untuk mewakili Provinsi Babel dalam MTQ Nasional yang akan diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat pada November 2020, yaitu Ahmad Zaki untuk cabang Tartil Al-Quran Putra, Maznur Rayhanda cabang Hifzhil Qur'an 10 Juz Putra, Fauziah Wulandari cabang Hifzhil Qur'an 20 Juz Putri, dan Fitriyah Shalihati dalam cabang Hifzhil Qur'an 30 Juz Putri.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020