Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan alat tangkap dan mesin pengolahan ikan kepada kelompok nelayan di Desa Batu Belubang.

"Sarana tangkap ikan diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mesu Laut yang merupakan kelompok binaan pemerintah," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah Taufik di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, sejumlah peralatan tangkap yang disalurkan adalah jaring ikan, pancing dan mesin pengolahan ikan nelayan.

"Penyaluran alat tangkap ikan ini sesuai dengan permintaan nelayan yang tergabung dalam kelompok yang diusulkan sejak lama," ujarnya.

Ia menyarankan para nelayan dapat tergabung dalam kelompok untuk memudahkan dalam melakukan pendataan dan penyaluran bantuan sarana dan prasarana tangkap.

"Mereka yang tergabung dalam kelompok juga memudahkan kami melakukan pembinaan dan SLO atau sertifikat laik jalan," ujarnya.

Ia juga mendorong para masyarakat pesisir untuk mengembangkan industri perikanan sehingga bisa menjadi nilai tambah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Jadi tidak hanya mengandalkan hasil penjualan ikan mentah, tetapi juga mengembangkan industri perikanan walaupun hanya dalam bentuk home industri," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020