Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta penyuluh lebih fokus membina para kelompok tani yang sedang mengembangkan tanaman hortikultura.

"Tanaman hortikultura lebih menjanjikan untuk menambah pendapatan petani dengan biaya operasional lebih rendah dan bisa cepat panen sehingga perputaran uang juga lebih cepat," ujarnya di Koba, Babel, Selasa.

Ia mengatakan penyuluh punya ilmu khusus di berbagai bidang pertanian maka peran mereka sangat penting untuk membangun sektor pertanian.

"Penyuluh jangan hanya memberikan teori tetapi selalu mendampingi petani dalam bercocok tanam terutama tanaman hortikultura," ujarnya.

Ia mengatakan sekarang metode penyuluhan bukan hanya menunjukkan melainkan harus mengarahkan, menuntun, membimbing, juga mendampingi agar petani bisa mendapatkan hasil yang optimal.

"Saat ini, para petani sudah mulai mengembangkan berbagai jenis komoditas hortikultura baik secara kelompok maupun perorangan," ujarnya.

Ia mengatakan kelompok tani membutuhkan bimbingan dan peran dari penyuluh untuk memberikan ilmu tentang pertanian dan mendorong petani untuk melek teknologi pertanian.

"Tanaman hortikultura jika ditekuni memiliki prospek bagus, biaya produksi rendah dan bisa menghasilkan dalam waktu lebih cepat sehingga perputaran uang lebih cepat pula," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020