Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar penyuluhan produk makanan yang aman dari bahan berbahaya di Pasar Induk Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

"Penyuluhan terhadap komunitas pedagang Pasar Koba ini dalam rangka merealisasikan program pasar aman dari bahan berbahaya," kata Kepala BPOM Kota Pangkalpinang Hermanto di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan melalui penyuluhan tersebut para pedagang diberikan pemahaman dan pengetahuan dalam menjual serta mendeteksi produk yang mengandung bahan berbahaya.

"Nanti ke depan para pedagang bisa dengan sendiri melihat mana produk yang aman dan mana produk yang mengandung bahan berbahaya," ujarnya.

Ia mengatakan sejauh ini produk makanan yang dijual di Pasar Induk Koba sudah aman dari bahan berbahaya, terutama makanan yang mengandung pengawet atau warna.

"Kegiatan penyuluhan ini juga akan kami gelar di sejumlah pasar yang ada di Bangka Tengah, dalam rangka menciptakan pasar yang aman dari bahan berbahaya," ujarnya.

Ia mengatakan dengan digencarkannya penyuluhan bahan berbahaya kepada pedagang pasar dapat membantu BPOM dalam menciptakan pasar sehat dan aman dari bahan berbahaya.

"Juga sekaligus mengajak para pedagang untuk menerapkan pasar sehat yang berpedoman kepada protokol kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020