Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mengajak petani di daerah itu untuk mewujudkan kemandirian pangan dengan meningkatkan pengembangan sektor pertanian.

"Saya mengajak seluruh petani dapat memaksimalkan pengembangan sektor pertanian guna mewujudkan kemandirian pangan dan penggunaan produk-produk pertanian lokal serta tidak perlu mendatangkan dari luar daerah," katanya ketika membuka Festival Pasar Tani di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, sebagai negara agraris maka potensi pertanian di Indonesia secara umum dan Belitung khususnya cukup baik dan subur jika benar-benar dimanfaatkan.

"Saya pernah katakan tanah di Belitung ini bisa ditanami apa saja dan bisa hidup (tumbuh) sebab tanahnya subur," ujarnya.

Dengan demikian, dirinya mengajak masyarakat untuk bertani guna mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan terutama di tengah kondisi pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Ini juga untuk mengantisipasi  krisis pangan yang sekarang ini menjadi perhatian sejumlah pihak," katanya.

Ia berharap produk pertanian lokal di daerah itu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga tidak ada ketergantungan pada produk dari luar.

"Misalnya buah-buahan tidak perlu dari luar cukuplah buah-buahan dari daerah kita karena kualitasnya juga tidak kalah bagus dan enak," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020