Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menggelar Rapat Pembahasan Dokumentasi Hasil Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin) Pembangunan Restoran McDonald’s  Indonesia Jalan Jelutung Kota Pangkalpinang.

"Kita menyambut baik adanya pembangunan Restoran McDonald’s Indonesia ini, di Kota Pangkalpinang, ini merupakan salah satu perwujudan aktivitas ekonomi masyarakat berinvestasi di daerah dan dapat mendorong aktivitas ekonomi lainnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Babel, K A Tajuddin, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, adanya rencana investasi dalam pembangunan restoran McDonald’s Indonesia yang akan mendorong aktivitas perekonomian di Kota Pangkalpinang.

Ia mengatakan, dinamika perekonomian di kawasan tersebut akan semakin meningkat, namun hal ini juga akan menimbulkan permasalahan terkait dengan lalulintas.

"Kita berharap tidak menimbulkan permasalahan terkait kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan McDonald’s," kata Tajuddin. 

Tajuddin berharap, dengan adanya pembangunan dan aktivitas perekonomian di sekitar kawasan pembangunan McDonald’s tersebut tidak mengakibatkan kemacetan maupun rawan kecelakaan lalulintas.
 
"Kita tidak ingin terjadi rawan kecelakaan lalu lintas di sekitar itu dan kerawanan atau persoalan lalu lintas lainnya," harapnya.

Dengan adanya diskusi yang mendalam bersama konsultan dan stakeholder lainnya, terkait dampak lalulintas  yang diakibatkannya, akan menghasilkan rekomendasi atau solusi yang dapat diberikan ke pihak pengembang dan pihak terkait lainnya.

Melalui rapat ini tentu ada rekomendasi atau solusi yang harus di lakukan dalam rangka meminimalisir dampak ataupun permasalahan lalu lintas di sekitar itu, kita semua dapat berkontribusi menyampaikan masukan, mengkritisi apa yang disampaikan konsultan. 

"Tentu saja harapan kita kepada pengembang ketika ada masukan,  pemikiran dari teman-teman bisa diakomodir,  sehingga terjadi sinergitas antara pendekatan teoritis dan pendekatan empiris dari teman-teman praktisi yang hadir pada kesempatan hari ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu perwakilan Konsultan PT. Geo Gradasi Internusa, Ormuz Firdaus memaparkan hasil analisis dampak lalulintas (Andalalin) dalam rencana pembangunan restoran McDonald’s  Indonesia yang telah dilakukan sebelumnya di dalam forum diskusi tersebut. 

Dalam rapat tersebut, masing masing peserta rapat menyampaikan pendapat dan masukannya terkait dengan pengaturan dan pengendalian lalulintas di kawasan rencana pembangunan McDonald’s tersebut. 

Tampak hadir dalam rapat itu, Kepala Bidang Perhubungan Darat Babel Rinaldy, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang Ubaidi, Perwakilan dari Polda Babel, Polres Pangkalpinang, Konsultan PT Geo Gradasi Internusa dan pihak terkait lainnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020