Harga komoditas lada di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai Rp54 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp48 ribu per kilogram.

"Harga lada di Belitung saat ini Rp54 ribu perkilogram atau mengalami kenaikain dari harga eceran sebelumnya yang hanya Rp48 ribu perkilogram, kenaikan ini karena mulai tinggi permintaan dari masyarakat," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Hamzah di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, tren harga lada di Kabupaten Belitung terus mengalami kenaikan dari Rp48 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu per kilogram dan kondisi saat ini harga lada di Kabupaten Belitung naik menjadi Rp53 ribu per kilogramnya.

Ia menjelaskan, kenaikan harga lada di daerah itu dalam sebulan terakhir disebakan tingginya permintaan lada biji dari sejumlah pengumpul dan eksportir setempat.

"Kondisi ini menguntungkan petani pasalnya sekarang juga masih dalam musim panen lada di sejumlah wilayah," ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap para petani terus termotivasi untuk menanam lada pasalnya tren harga lada sekarang dan beberapa bulan ke depan dalam kondisi baik.

"Kita selalu sampaikan ke petani oleh para penyulug di lapangan," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020