Juru bicara gugus tugas COVID-19, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan seorang aparatur sipil negara (ASN) inisial Ah (47) dinyatakan sembuh oleh tim medis setelah beberapa hari menjalani perawatan kesehatan COVID-19 di rumah sakit Depati Bahrin Sungailiat.

Ah dipastikan sembuh dan sudah kembali kerumahnya setelah menjalani perawatan kesehatan yang cukup intensif oleh tim kesehatan COVID-19 di RSU Depati Bahrin Sungailiat," kata Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, sebelum Ah dinyatakan sembuh, terdapat satu teman Ah yang bekerja satu kantor inisial Mm terlebih dahulu sudah sembuh dimana Mm mempunyai riwayat perjalan dari Tengerang, Jakarta dan kemudian ke Bangka.

"Dengan sembuhnya Ah dan Mm, masih terdapat tiga orang ASN dari lembaga penyiaran tersebut yang masih menjalani perawatan kesehatan di balai diklat provinsi di Kota Pangkalpinang yakni inisial, Lg, I dan M," jelasnya.

Menurut Boy Yandra, berdasarkan data informasi pusat COVID-19 Kabupaten Bangka sampai dengan Selasa (8/9) tercatat 77 orang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan 71 orang sudah dinyatakan sembuh atau masih tersisa enam orang menjalani perawatan kesehatan di balai diklat provinsi.

"Upaya yang dilakukan oleh BPBD dan Dinas Kesehatan, melakukan tracking kepada orang terdekat atau kontak langsung dengan pasien terpapar dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan radius 100 meter," katanya.

Dia minta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19, seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak serta meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat.

"Saya juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk mewaspadai terjadinya penularan wabah virus ini pada klaster keluarga karena kasus tersebut pernah ditemukan sebelumnya di wilayah Kabupaten Bangka," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020