Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan inspeksi mendadak penerapan protokol kesehatan COVID-19 di Kota Pangkalpinang, guna mencegah penyebaran virus corona pada masa new normal di ibukota provinsi itu.

"Kegiatan ini untuk memastikan masyarakat sudah benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah saat memantau penerapan prokes di Alun-Alun Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan pemantauan penerapan protokol kesehatan COVID-19 ini bersama Kapolda Kepulauan Babel dan pimpinan daerah lainnya sebagai tindaklanjut instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jarak jarak, mencuci tangan dan menerapkan prilaku hidup sehat.

"Kita harus berhati-hati menangani dan menyikapi pendemi COVID-19 ini, karena virus berbahaya tidak kelihatan dan menyebar di mana-mana," ujarnya.

Oleh karena itu, diminta masyarakat mentaati dan disiplin menjalankan protokol kesehatan ini agar terhindar dari virus berbahaya ini.

"Kami melihat masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker, sehingga mereka berpotensi terkonfirmasi virus corona ini," katanya.

Menurut dia kegiatan pemantauan penerapan protokol kesehatan ini tidak hanya sekedar membagi-bagi masker, tetapi bagaimana pemerintah membangun perilaku dan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama memerangi virus corona ini.

"Pada hari ini, kita ingin menggugah hati nurani masyarakat, agar mereka kembali dan ingat apa yang harus dilakukannya untuk menghindari dan mencegah virus corona ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020