Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong para UMKM untuk terus mengembangkan produk ekonomi kreatif.

"Kami fokus mendorong para pelaku usaha mengembangkan produk ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Ketua Dekranasda Bangka Tengah, Susy Siswari di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan, beberapa produk kreatif sudah mulai berkembang di masyarakat di antaranya produk kreatif anyaman dan bordir.

Produk kerajinan telah berperan nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi mengingat potensinya yang sangat besar,” kata Susy Siswari disela-sela peninjauan di rumah perajin bordir di Desa Buding.

Ia mengatakan, Dekranasda merupakan lembaga mitra pemerintah mempunyai tugas menggali, melindungi, mengembangkan produk kerajinan dan mempromosikan potensi industri kecil dan industri kreatif.

Produk kreatif usaha anyaman dan bordir ini memiliki prosfek ekonomi yang cukup bagus karena pangsa pasarnya sudah menyebar di berbagai daerah, bahkan hingga ke Pulau Jawa," ujarnya.

Pihaknya terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk terus mendorong masyarakat berkreasi dan menciptakan produk yang memiliki nilai jual.

"Para perajin tidak hanya diberikan motivasi, tetapi juga ilmu tentang berwirausaha dan juga bantuan stimulan untuk bisa mengembangkan usahanya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020