Kepolisian resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerjunkan sebanyak 71 personel polisi untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di pantai atau objek wisata lainnya di daerah itu.

"Terdapat 71 personel polisi yang akan dibagi tugas untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di pantai maupun objek wisata lainnya yang banyak dikunjungi masyarakat," Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan melalui Kabag Ops AKP Teguh S melalui pesan singkat, Minggu.

Dikatakan, memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat di area umum, sebagai upaya dini memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

"Teknis pengawasan di lapangan, personel polisi akan memantau pengunjung pantai mulai di pintu masuk sampai di dalam kawasan pantai, jika didapati pengunjung hendak masuk dan tidak memakai masker yang bersangkutan dilarang masuk pantai sebelum memakai masker," jelasnya.

Menurutnya, pengawasan penerapan protokol kesehatan di objek wisata dilakukan sejak Sabtu dan Minggu atau hari libur dimana saat ini objek wisata banyak dikunjungi masyarakat.

Selain objek wisata kata dia, sebelumnya atau Sabtu malam (12/9) tim perpadu yang melibatkan pihak TNI, BPBD, Satpol PP dan tim gugus tugas melakukan patroli pengawasan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di sejumlah kafe di kota Sungailiat.

"Pada kegiatan itu, menekankan agar pengunjung kafe disiplin memakai masker dan meminta pengelola usaha kafe mengingat pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Pengelola usaha kata dia, diwajibkan menyediakan sarana cuci tangan dan sabun untuk pengunjung serta mengatur jarak antar pengunjung.

"Dalam kegiatan itu, kami juga membagikan puluhan lembar masker untuk dipakai oleh pengunjung yang diketahui saat itu tidak memakai masker," jelasnya.

Berdasarkan data kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bangka sampai dengan Minggu (13/9) mencapai sebanyak 81 kasus dengan 74 orang sudah dinyatakan sembuh.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020