Kapolres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Widi Haryawan mengatakan, pihaknya telah penyiapkan satu pleton personel polisi untuk membantu pengamanan pilkada 2020 di Bangka Barat.

"Kami menyiapkan satu pleton atau 25 sampai 50 personel untuk membantu pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka Barat," kata kapolres di Sungailiat, Senin melalui pesan singkatnya.

Personel yang disiapkan membantu pengamanan pilkada tersebut kata dia, akan diterjunkan ke daerah itu sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.

"Namun pastinya pada saat pelaksanaan pilkada 2020, personel bantuan sudah di lokasi untuk membantu pengamanan atau PAM pilkada Bangka Barat," jelasnya.

Sesuai dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada, pelaksanaan pencoblosan atau pemilihan ditetapkan tanggal 9 Desember 2020.

"Saya berharap semua personel bantuan pengamanan pilkada yang terjunkan nantinya dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar," kata kapolres.

Pengamanan pilkada 2020 di Bangka Barat yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, kata kapolres, personel bantuan pengamanan tetap akan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara  Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat saat mengecek persiapan pasukan pengamanan pilkada di Bangka Tengah, minta seluruh personel tetap mematuhi protokol kesehatan dan ditekankan  personel bertugas tetap menjaga profesionalitas, berintegritas dan menjaga netralitas.

"Jalankan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, lakukan pengamanan dengan pengayoman dan lebih sopan walaupun hukum tetap ditegakkan," ujarnya
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020