Juru bicara gugus tugas COVID-19, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengajak seluruh masyarakat di daerah itu mempercepat mewujudkan zona hijau dari kasus COVID-19.

"Saya mengajak masyarakat untuk segera mewujudkan zona hijau dari kasus COVID-19," hal itu disampaikan di Sungailiat, Ahad, menyusul lima orang yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Dia mengatakan hanya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, mampu mempercepat kembali ke zona hijau.

"Dengan kembalinya daerah ke zona hijau akan berdampak positif pada aktivitas masyarakat yang kembali normal terutama pendidikan dan pelaku usaha," katanya.

Tercatat pada Sabtu (19/9), sekaligus lima pasien dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan kesehatan di balai karantina provinsi di Pangkapinang, masing-masing insial, Ls, De, Ft, Rd dan Ma.

Dengan sembuh lima orang pasien COVID-19 tersebut, kata dia, total pasien sembuh di Kabupaten Bangka sebanyak 79 orang dari total pasien 82 orang atau tersisa tiga orang pasien yang masih menjalani perawatan kesehatan.

"Tiga orang yang belum sembuh, dua orang di karantina di balai diklat provinsi dan satu orang menjalani perawatan kesehatan di ruang bertekanan negatif di rumah sakit Depati Bahrin Sungailiat," ujarnya.

BPBD, Dinas Kesehatan, TNI dan Polri termasuk tim relawan terus memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus corona jenis baru di tengah masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Pemberian sanksi sosial sudah diterapkan oleh tim Yustisi kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan COVID-19. Itu sesuai Peraturan Bupati No.38 Tahun 2020," ucap Boy Yandra.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020