Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh, menyarankan masyarakat di daerah itu untuk menggunakan masker berbahan scuba atau kain "buff" secara berlapis.

"Sehingga lebih tebal untuk mengantisipasi transmisi atau penyebaran virus COVID-19," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Baca juga: TNI-Polri dan Satpol PP di Belitung tegur warga yang tidak pakai masker

Kendati demikian, dirinya tetap mengimbau masyarakat menggunakan masker yang sesuai dengan standar sehingga efektif menangkal "droplet" yang jatuh dari lawan bicara.

"Kami juga meminta masyarakat jangan memakai masker yang asal-asalan atau masker-maskeran kemudian cara memakainya juga diperhatikan jadi jangan dianggap remeh," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mulai pekan depan akan melakukan penertiban kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker.

Baca juga: DPRD Belitung: Perketat protokol kesehatan di pasar tradisional

Penertiban masker rencananya akan dilakukan di sejumlah tempat keramaian berkumpulnya masyarakat seperti pasar dan tempat hiburan.

"Termasuk yang menggunakan masker scuba kami ingatkan juga agar menggunakannya secara efektif dan berlapis nanti ada petugas yang memberi tahu," katanya.

Dia berharap dengan penertiban tersebut kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan meningkat.

"Jangan meanggap pandemi ini berakhir meskipun Belitung sekarang nihil kasus positif COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020