Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona jenis baru itu di daerah setempat berjumlah 13 orang.

"Sampai sekarang tercatat sebanyak 13 warga terkonfirmasi positif terpapar virus corona, baik tanpa gejala maupun yang memiliki gejala dan sebagian terpapar dari klaster perjalanan," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Belitung Timur Ikhwan Fahrozi di Manggar, Sabtu.

Baca juga: Bupati Belitung Timur membatasi perjalanan dinas ASN antisipasi COVID-19

Ia menjelaskan seluruh warga yang terpapar sudah mengikuti karantina dan isolasi serta dilakukan pelacakan terhadap warga yang mungkin pernah terkontak langsung dengan pasien positif corona

"Kasus terbaru adalah seorang kepala OPD yang terkonfirmasi positif corona, tertular dari klaster perjalanan karena pernah melakukan perjalanan ke luar daerah," ujarnya

Ia menyatakan virus corona terus menjadi pandemi di daerah itu dan bahkan grafiknya terus meningkat dalam sepekan terakhir.

"Kondisi ini mesti diwaspadai, semua harus mawas diri dan menjaga diri karena virus terus bergerak tanpa kita sadari," ujarnya.

Pihaknya terus mengajak masyarakat untuk patuh dan taat terhadap protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Kesadaran tinggi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sangat menentukan dalam membendung pergerakan virus," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020