Pasien positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah sebanyak enam orang sehingga total pasien positif COVID-19 di daerah itu menjadi 51 orang dan 42 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh.

"Pasien terkonfitmas positif COVID-19 tersebut saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Belitung," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, keenam orang pasien positif COVID-19 tersebut diketahui berdasarkan hasil penelusuran dari riwayat kontak pasien positif COVID-19 sebelumnya berinisial, LM (32) pada 16 Oktober lalu.

Baca juga: Enam pegawai kantor Bea Cukai Tanjung Pandan terkonfirmasi positif COVID-19

Ia menjelaskan, dari sebanyak 12 sampel swab yang dilakukan pengujian diketahui sebanyak enam orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan enam orang lainnya direncanakan akan melakukan uji swab lanjutan kedua.

Selain itu, kata dia, keenam orang tersebut juga diketahui pernah melakukan kontak antar satu sama lainnya dan diketahui berada pada lingkungan kantor yang sama.

"Yaitu kantor Bea Cukai Tanjung Pandan," ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 4M yaitu mencuci tangan secara rutin, memakai pelindung wajah, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua," demikian Sahani.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020