Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan skema lanjutan pemulihan ekonomi masyarakat di daerah itu akibat dampak pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Skema pemulihan ekonomi selanjutnya adalah berupa bantuan yang berkelanjutan terhadap sektor-sektor yang terdampak," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Belitung telah menyalurkan bantuan sosial senilai Rp250 ribu dan dikonversikan menjadi bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 selama empat bulan berturut-turut.

"Untuk bantuan bahan pokok sudah selesai sebanyak empat tahapan nanti bantuan selanjutnya tidak dalam bahan pokok tetapi berupa kegiatan-kegiatan yang berkelanjutan," ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan pemulihan ekonomi tersebut tetap diprioritaskan terhadap sejumlah sektor yang selama ini terdampak pandemi COVID-19 seperti perikanan, pertanian, pariwisata, dan UMKM.

Dirinya mencontohkan, untuk bantuan sektor pertanian seperti pemberian peralatan pertanian dan bibit tanaman kemudian untuk sektor perikanan seperti penyaluran bibit ikan serta peralatan tangkap.

"Jadi sesuai dengan profesi mereka jadi bantuan lanjutan tetap ada tapi tidak dalam bentuk sembako namun sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Sedangkan untuk sektor UMKM dan pariwisata skema pemulihan ekonomi selanjutnya berupa pagelaran kegiatan wisata dan bazar pameran pelaku UMKM dan ekonomi kreatif.

"Kami berharap melalui ini ekonomi masyarakat dapat segera pulih," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020