Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pelabuhan penyeberangan kapal penumpang dan barang di Pulau Seliu, Kabupaten Belitung, untuk meningkatkan konektivitas antarpulau kecil daerah itu.

"Kami telah meninjau lokasi pembangunan pelabuhan ini dan mudah-mudahan awal 2021 mulai dibangun," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel, Dishub Kabuppaten Belitung, dan beberapa instansi terkait lainnya telah melakukan survei lokasi, sebagai langkah mempercepat pembangunan pelabuhan penyeberangan bagi masyarakat Pulau Seliu.

"Dengan survei bersama ini, tentunya akan memberikan kejelasan atas pelaksanaan pembangunan pelabuhan penyeberangan, juga akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Pulau Seliu," ujarnya.

Menurut dia pelabuhan penyeberangan di Pulau Seliu ini akan menyambung konektivitas antar pulau yang ada di Babel, karena posisi pulau ini berada di tengah dan strategis untuk menghubungkan antarpulau kecil di Pulau Bangka dan Belitug.

"Dengan adanya pelabuhan tersebut, potensi pariwisata yang ada di Desa Seliu akan berkembang,” tambahnya.

Kepala Desa Pulau Seliu, Edyar mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dengan menurunkan stafnya dalam menindaklanjuti survei pembangunan pelabuhan penyeberangan di Pulau Seliu.

"Terima kasih kepada gubernur yang telah memberikan apresiasinya untuk menindaklanjuti usulan desa Pulau Seliu, dalam meninjau rencana lokasi pelabuhan penyeberangan," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020