Pasien positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai 56 orang dan 49 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan intensif.

"Dengan meningkatnya kasus penularan COVID-19 di Indonesia mari kita senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru sehingga kita dapat memutus rantai penularan COVID-19," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Rabu.

Baca juga: Anggota DPRD Belitung ajak pemuda lebih kreatif dan inovatif

Menurut dia, dalam dua hari terakhir terjadi penambahan kasus positif COVID-19 mencapai lima orang dan rata-rata memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah.

Ia menyebutkan, masing-masing pasien positif COVID-19 tersebut adalah LA (54), AD (43), FO (36), SU (56) dan MU (61).

"Masing-masing pasien saat ini ada yang sedang menjalani perawatan di pusat COVID-19 RSUD Belitung dan Pusat isolasi COVID-19 SKB Belitung," ujarnya.

Sahani menambahkan, dari lima orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut satu diantaranya, FO (36) diketahui memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri yaitu Dubai.

"Keluhan pasien sakit tenggorokan, hilang rasa di mulut dan penciuman serta batuk berdahak," katanya.

Dengan demikian, dirinya berharap masyarakat dapat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan memeriksakan suhu tubuh (4M) terutama ketika libur panjang sekarang ini.

"Kami harapkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Sahani Saleh.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020