Sebanyak 20 rumah warga Desa Air Buluh Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami rusak ringan hingga berat, karena diterjang angin puting beliung.

"Saat ini, personil sudah berangkat untuk menyalurkan bantuan kepada  korban angin puting beliung di Desa Air Buluh," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Bangka, sebanyak 20 unit rumah di Desa Air Buluh mengalami rusak berat, sedang dan ringan karena diterjang puting beliung dan tertimpa pohon tumbang akibat angin tersebut pada Minggu (1/10) sore.

"Saat ini, kita masih mendata kerusakan yang ditimbulkan angin puting beliung ini, namun hasil laporan sementara ada 20 rumah warga yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan" ujarnya.

Menurut dia rata-rata kerusakan rumah karena puting beliung ini ada pada atap rumah. Sebagian besar atap rumah warga diterbangkan oleh angin dan ditimpa pohon tumbang.

"Saat ini, kawan-kawan di lapangan sedang menyalurkan bantuan terpal dan bergotong royong memasang terpal di rumah-rumah  terkena angin puting beliung tersebut," katanya.

Ia menambahkan untuk bantuan lebih lanjut, pihaknya sedang berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bangka untuk meringankan beban korban bencana alam ini.

"Dengan adanya kejadian ini, kami berharap masyarakat selalu waspada mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrim yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020