Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan dua pagelaran wisata selama bulan November guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Melalui kegiatan ini kami menyampaikan bahwa Belitung tetap aman dikunjungi oleh wisatawan namun tetap dengan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Jasagung Hariyadi di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, dua pagelaran wisata tersebut diantaranya adalah Bazar Belitung Kreatif pada 7-11 November dan Festival Tanjung Kelayang (FTK) pada 15-19 November yang merupakan "100 Calendar of Events Wonderful Indonesia 2020" Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Untuk Festival Tanjung Kelayang agenda ini lumayan cukup besar karena mengundang Kementerian Pariwisata kami berharap juga Menteri Parwisiata dapat hadir nanti," ujarnya.

Baca juga: BNPB pasang alat peringatan dini banjir di Belitung

Jasagung menambahkan, selain dua event tersebut yang murni diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata setempat Kementerian Pariwisata juga akan menggelar tiga kegiatan wisata di Belitung diantaranya pelaksanaan gerakan BISA (bersih, indah, sehat dan aman), kunjungan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta wisata tematik melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

"Dengan kehadiran 20 wartawan nasional yang merupakan para wartawan pariwisata dan ekonomi kreatif baik cetak, daring dan televisi kami harapkan dapat mempromosikan pariwisata Belitung ke daerah luar karena mereka nanti akan mengeksplor keindahan alam Belitung," ujarnya.

Dirinya mengatakan sejauh ini kunjungan wisatawan di daerah kembali meningkat dalam beberapa waktu terakhir dengan jumlah kunjungan mencapai 76.000 wisatawan.

"Kami optimis sampai akhir tahun kunjungan wisatawan akan mencapai target yakni 128 ribu berubah dari target awal kami sebanyak 500 ribu kunjungan karena pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020