Potret Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang sedang memegang sebuah piala serta piagam, diunggah seorang pengguna Facebook bernama Riyanti Moge Stang pada 8 November 2020.

Mantan Ketua Tim Dokter Kepresidenan itu, dalam foto tersebut, juga terlihat mengenakan seragam militer berwarna hijau, yang merupakan ciri khas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). 

Unggahan yang dipublikasikan di grup Facebook "BENTENG SEJATI PANTANG MUNDUR" tersebut juga memuat narasi sebagai berikut:

"Piala Penghargaan dari WHO untuk Pak Terawan..Woi Nazwa lihat tuh g usah Sombong loe".

Hingga Rabu (11/11), kiriman tersebut sudah dilihat oleh 71 pengguna lain Facebook dan mendapatkan 42 respon. Unggahan itu juga telah dibagikan ulang sebanyak 34 kali serta dikomentari 11 pengguna lainnya.

Namun, benarkah Menkes Terawan terima piala penghargaan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)? 
 
Tangkapan layar hoaks Menkes Terawan terima piala penghargaan dari WHO (Facebook)


Penjelasan:

Dari hasil penelusuran ANTARA, narasi yang menyebutkan Menkes Terawan terima piala penghargaan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah hoaks.

Foto Menkes Terawan dengan piala dan piagam itu sebenarnya diambil saat mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto tersebut menerima penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) pada 17 Juli 2019.

LEPRID memberikan penghargaan kepada Terawan atas prestasinya menemukan Metode Cuci Otak (brain wash) dengan modifikasi Program Digital Substraction Angiography (DSA) untuk penyakit stroke. 

Metode pengobatan tersebut bahkan telah diterapkan di Jerman dengan nama paten "Terawan Theory”. 

Klaim: Menkes Terawan terima piala penghargaan dari WHO
Rating: Salah/ Disinformasi
 

Pewarta: Tim JACX

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020