Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan anggaran kegiatan tahun 2021 kepada pemerintah daerah setempat sebesar Rp7 miliar.

"Usulan anggaran tahun 2021 meningkat Rp5 miliar dibanding anggaran tahun 2020 yang hanya Rp2 miliar," kata Ketua KONI Kabupaten Bangka Mercy Yudha di Sungailiat, Kamis.

Menurut dia anggaran yang diusulkan kepada pemerintah daerah tahun 2021 meningkat karena banyak kegiatan yang harus direalisasikan sesuai perencanaan program sampai ke tingkat kecamatan dan desa termasuk kegiatan pembinaan atlet serta penjaringan atlet berbakat.

"Kami bahkan merencanakan kegiatan turnamen yang selama ini di pusatkan di Kota Sungailiat akan dialihkan ke wilayah kecamatan yang disesuaikan dengan ketersediaan sarana olahraga dan berharap pemerintah Kabupaten Bangka menyetujui usulan anggaran itu," katanya menambahkan.

Mercy Yudha menjelaskan penjaringan atlet berprestasi akan dilakukan sampai ke tingkat desa. Hal itu dilakukan untuk regenerasi atlet karena diketahui banyak potensi atlet dari generasi muda di desa yang belum dibina dengan maksimal.

"Seperti atlet takraw dari Desa Penangan Kecamatan Mendo Barat dan saya yakin masih ada atlet lain yang perlu digali," katanya menegaskan.

Menanggapi usulan anggaran KONI tersebut, Bupati Bangka Mulkan mengaku akan melihat terlebih prestasi kerja organisasi itu dalam pembinaan para atlet yang berhasil membawa nama baik daerah.

"Kita akan memberikan anggaran ke KONI sesuai dengan jumlah kemampuan anggaran daerah dan disesuaikan pula dengan prestasi atlet yang berhasil dibina oleh KONI," kata Mulkan.

Mulkan mengatakan harus ada keseimbangan antara penggunaan anggaran dengan prestasi yang diraih.

"Jangan sampai anggaran yang diberikan pemerintah cukup besar tetapi tidak ada prestasi yang membanggakan," jelasnya.

Dia mengingatkan pengurus KONI Bangka agar menjaga dan memperkuat kebersamaan baik di internal organisasi maupun dengan para atlet di semua cabang olahraga.





 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020