Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemerintah Kabupaten Belitung untuk menggencarkan pameran UMKM di sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.

"Saya mendorong pemerintah daerah memperbanyak pameran yang melibatkan  pelaku UMKM sebagai sarana promosi agar sektor itu kembali pulih setelah menurun akibat COVID-19," anggota DPRD Belitung Fendi Haryono di Tanjung Pandan Minggu.
.
Menurut dia, dengan digencarkannya pelaksanaan pameran atau bazar baik tingkat lokal maupun nasional, itu membuka peluang bagi pelaku UMKM menawarkan produknya ke masyarakat.

Ia mengatakan, Komisi II DPRD Belitung mendukung penuh program pemerintah daerah yang memperkuat ekonomi melalui pembedayaan UMKM.

"Kita harus menguatkan sektor UMKM ini karena mampu menopang perekonomian daerah dimana di dalamnya ada pelaku usaha dan juga tenaga kerja," ujarnya.

Dia mengingatkan pemerintah daerah untuk memperkuat anggaran untuk kegiatan pelatihan dan memperbanyak penyelenggaran kegiatan bagi pelaku UMKM.

"Saya mengapresiasi langkah pemulihan ekonomi yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah seperti melaksanakan berkaitan dengan UMKM dengan melibatkan pihak pemangku kepentingan.

"Misalnya event Dispora yang bekerja sama dengan KNPI yaitu Bazar Pemuda Kreatif untuk melatih jiwa berwirausaha generasi millenial," katanya.

Tahun 2021, DPRD Belitung mengusulkan tiga raperda inisiatif salah satunya adalah tentang pemberdayaan perlindungan koperasi dan usaha mikro karena pada tahun 2021 adalah untuk pemulihan ekonomi sehingga usaha-usaha mikro perlu mendapat perlindungan.

 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020