Jumlah kasus positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah sebanyak sembilan orang sehingga total kasus positif COVID-19 mencapai 93 orang dan 67 orang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan intensif.

"Tidak henti-hentinya kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belitung untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, sembilan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil uji PCR spesimen swab di laboratorium biomedis RSUD Marsidi Judono Belitung masing-masing berinisial, YU (33), MK (66), KY (61), SM (31), ES (32), HV (59), AM (25), JS (58), dan NU (44).

Baca juga: DKPP Belitung terapkan bekerja dari rumah setelah satu pegawainya positif COVID-19

"Saat ini semua pasien akan diisolasi di pusat karantina COVID-19 SKB Tanjung Pandan," ujarnya.

Ia menambahkan, sejauh ini Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung sedang merawat dan mengisolasi sebanyak 24 pasien positif COVID-19.

"Empat orang di RSUD Marsidi Judono Belitung dengan gejala sedang dan 20 orang lainnya menjalani isolasi dan perawatan di pusat karantina SKB Tanjung Pandan dengan kondisi stabil, gejala ringan dan tanpa gejala," katanya.

Dengan demikian, dirinya mengimbau masyarakat di daerah itu untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4M).

Selain itu, lanjut Sahani masyarakat juga diminta untuk mewaspadai terjadinya transmisi lokal penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

"Diharapkan kepada masyarakat harus lebih hati-hati dan waspada karena saat ini sedang dan sudah terjadi tansmisi lokal COVID-19 di wilayah Kabupaten Belitung," demikian Sahani.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020