Sebanyak 220 pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tersebar di delapan kecamatan dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan kesehatan.

Juru bicara satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Jumat mengatakan sampai dengan hari ini sudah terdapat 220 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh dari total pasien 237 pasien atau masih tersisa 17 pasien menjalani perawatan.

Dari 220 pasien yang sembuh itu masing-masing berasal dari Kecamatan Bakam sebanyak satu orang, Kecamatan Belinyu 13 orang, Kecamatan Merawang 21 orang, Kecamatan Pemali sebanyak 39 orang sembuh.

Kemudian dari Kecamatan Puding Besar sebanyak satu orang sembuh, Kecamatan Riau Silip 40 orang dan dari Kecamatan Sungailiat sebanyak 92 orang sembuh.

"Kita berharap pasien yang masih menjalani perawatan kesehatan baik di RSUD Depati Bahrin Sungailiat dan di balai diklat serta di asrama haji Kota Pangkalpinang segera sembuh sehingga wilayah Kabupaten Bangka kembali ke zona hijau," jelasnya.

Dia mengatakan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerahnya berasal dari berbagai klaster baik dari klaster luar kota maupun dari kontak erat dengan pasien positif.

"Saya mengingatkan bagi warga yang datang dari luar pulau Bangka untuk segera melapor ke pemerintah setempat baik RT, RW maupun lurah dan segera melakukan isolasi mandiri selama 10 hari," kata Boy Yandra.

Menurutnya angka komulatif kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka 92,7 persen atau 220 orang dari total 237 pasien positif COVID-19.

"Seluruh masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah pertama mencegah dan memutus penyebaran virus jenis baru corona," kata Boy Yandra.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020