Sebanyak 72 orang pasien terkonfirmasi positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dan isolasi intensif.

"Dari 96 pasien positif COVID-19 saat ini sebanyak 72 pasien berhasil sembuh dari COVID-19 menjalani perawatan intensif," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, sejauh ini Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, masih merawat dan mengisolasi sebanyak 25 pasien positif COVID-19 di dua lokasi berbeda.

Baca juga: Dinkes Belitung bagikan ribuan masker dan sosialisaikan 3M

Enam pasien positif COVID-19 menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono Belitung dan 25 pasien lainnya menjalani isolasi di pusat karantina COVID-19 SKB Tanjung Pandan.

"Jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini sebanyak 96 kasus dan kematian akibat COVID-19 sebanyak lima kasus," ujarnya.

Sahani mengingatkan agar masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan ,menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Masyarakat juga diminta mewaspadai transmisi lokal COVID-19 karena saat ini sedang terjadi transmisi lokal," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Joko Sarjono mengatakan pasien positif COVID-19 sudah banyak yang sembuh.

Ia mengatkan angka kematian akibat COVID-19 di daerah itu cukup rendah yakni 5,3 persen dari total jumlah pasien positif.

"Pasien-pasien positif COVID-19 di daerah kita Alhamdulillah sejauh ini banyak yang sembuh," ujar Joko.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020