Koba, Bangka Tengah, 8/2 (Antara Babel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama tahun 2013 belum menemukan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah itu.

         "Sejak memasuki musim hujan ini memang belum ada penemuan kasus DBD, karena upaya pemerintah mendorong masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di daerah itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Bahrun di Koba, Jumat.

         Ia mengatakan, dalam menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya terhindar dari ancaman penyakit DBD, namun juga dari berbagai penyakit lainnya yang mungkin muncul saat musim hujan.

         Memasuki musim hujan masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman berbagai macam penyakit dengan tetap menjaga kebersihan lingkungannya.

         Selainitu menerapkan pola makan hidup sehat agar ketahanan tubuh membaik dan bisa memerangi berbagai macam penyakit.

         Demikian juga masyarakat lebih memperhatikan lingkungan terutama sampah-sampah plastik dan kaleng bekas jangan sampai menimbulkan genangan air yang berpotensi menimbulnya jentik nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan.

         "Sampah atau kaleng bekas itu harus dikubur dalam-dalam agar tidak menimbulkan jentik nyamuk," ujarya.

         Selan itu, kata dia, sebaiknya masyarakat menghindari tidur siang hari agar terhindar dari ancaman gigitan nyamuk Aedes aegypti yang sering beroperasi pada siang hari.

         Menurut dia, dengan menjaga kebersihan lingkungan secara rutin diyakininya akan tetap menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman berbagai macam penyakit.

         Selain itu, pemerintah juga membagikan bubuk abate untuk mensterilkan air yang dipakainya sehari-hari dan terhindar dari jentik nyamuk.

Pewarta:

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013