Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan seorang pasien COVID-19 inisial S (55) meninggal dunia Senin pukul 19.05 WIB di rumah sakit Depati Bahrin Sungailiat.

"S yang berasal dari Kecamatan Belinyu terenfeksi transmisi lokal karena tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar pulau Bangka," kata Boy Yandra di Sungailiat, Senin.

Dikatakan, pada tanggal 12 Desember 2020 yang bersangkutan masuk ke rumah sakit Depati Bahrin Sungailiat dengan riwayat sesak napas dan dilakukan tindakan tes usap dan diketahui S terkofirmasi positif COVID-19.

"S mendapat perawatan khusus di ruang bertekanan negatif di rumah sakit tersebut namun tidak berhasil diselamatkan," jelas Boy Yandra.

Dia mengatakan, S yang berjenis kelamin perempuan akan dimakamkan malam ini di TPU Kelkak Kelidat Gunung Muda oleh tim satgas COVID-19 Kecamatan Belinyu termasuk pihak puskesmas Gunung Muda dengan standar prosedur protokol kesehatan.

"Sampai saat ini total pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka yang meninggal dunia sebanyak empat orang, dua dari Kecamatan Mendo Barat dan dua lainnya asal Kecamatan Belinyu," katanya.

Dia minta seluruh warga di daerahnya jika terdapat salah satu anggota keluarga yang mengalami keluhan demam agar segera dibawa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data dari pusat informasi  pasien COVID-19 Kabupaten Bangka sampai dengan sekarang, total pasien terkonfirmasi positif sebanyak 409 orang dan sembuh 293 orang serta empat orang dinyatakan meninggal dunia.

"Masih terdapat 116 orang pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan kesehatan di balai diklat provinsi, asrama haji maupun di rumah sakit," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020