PT Timah Tbk menyalurkan bantuan untuk perbaikan jalan menuju dermaga perahu nelayan di Kayuarang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami harapkan bantuan ini bisa menggairahkan perekonomian masyarakat nelayan di daerah itu," kata Kepala Unit Metalurgi PT Timah Tbk Wiyono di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan, bantuan perbaikan jalan menuju dermaga tambatan perahui nelayan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap warga di daerah itu.

Saat ini kondisi jalan sejauh 175 meter di lokasi itu rusak parah dan menyulitkan nelayan Desa Kayuarang, Kecamatan Kelapa, yang akan berangkat atau pulang melaut.

"Kami berharap bantuan ini bermanfaat dan semakin mengeratkan hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat," ujarnya.

Kepala Desa Kayuarang Alatas menjelaskan jalan sepanjang 175 meter menuju dermaga dalam kondisi rusak parah dan banyak lubang di badan jalan sehingga saat musim hujan menimbulkan genangan air dan licin.

"Jalan itu merupakan akses satu-satunya menuju dermaga, bantuan ini akan sangat membantu warga mengangkut hasil tangkapan," kata Alatas.

Alatas mengatakan akses menuju dermaga itu merupakan urat nadi perekonomian warga setempat, baik nelayan maupun petani yang setiap hari melewati jalan tersebut.

Selain menjadi penghubung menuju dermaga, jalan itu juga biasa dilewati para petani menuju kebun yang berada di seberang sungai.

"Setiap hari sekitar 300 orang petani dan nelayan yang memanfaatkan jalan itu. Kami berharap adanya perbaikan jalan ini nantinya bisa dijaga untuk kepentingan bersama," katanya.

Ia memberikan apresiasi positif kepada perusahaan milik negara itu yang selama ini selalu peduli terhadap kebutuhan warga di daerah itu dan berharap ke depan operasional perusahaan semakin maju agar bisa lebih banyak lagi membantu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bantuan dana perbaikan jalan diserahkan PT Timah Tbk melalui Unit Metalurgi Mentok yang diwakili Kepala Unmet Mentok Wiyono dan Kepala Bidang Sekretariat Suryadi Djabar Hamid kepada Kepala Desa Kayuarang Alatas di Guest House Unmet Mentok.
Kepala Bidang Sekretariat Unit Metalurgi PT Timah Tbk Suryadi Djabar Hamid menyerahkan bantuan kepada Ketua KONI Bangka Barat Muhammad Amin. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Dalam kesempatan itu, selain membantu memperbaiki jalan di Kayu Arang, PT Timah juga menyerahkan bantuan pendukung olahraga kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka Barat dan bantuan sosial bagi warga yang sakit.

Ketua KONI Bangka Barat Muhammad Amin menyampaikan apresiasi kepada PT Timah yang selama ini selalu memberikan perhatian terhadap pembinaan olahraga Bangka Barat.

"Selama ini PT Timah sudah banyak membantu KONI, terhadap dunia olahraga. Saya berharap PT Timah terus berkembang, tetap jaya, lancar aktivitas dan operasional, serta seluruh karyawan diberikan kesehatan," kata Amin.

Hal senada dikatakan penerima bantuan Syarif yang menerima bantuan biaya pengobatan sebanyak Rp10 juta untuk istrinya, Feni Monica, yang mengalami kecelakaan.

"Terima kasih PT Timah, semoga tetap jaya dan selalu peduli kepada masyarakat," kata Syarif.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020