Satuan tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 525 orang di daerah terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap.

"Sampai dengan hari ini tercatat 525 orang dari wilayah kecamatan diketahui terkonfirmasi positif COVID-19 atau mengalami peningkatan dibandingkan kasus yang sama Selasa (22/12) sebanyak 501 orang," kata Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Rabu.

Dia mengatakan, selain terjadinya peningkatan kasus warga yang terkonfirmasi positif, total pasien yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 410 orang sedangkan jumlah yang meninggal enam orang.

"Penyumbang kasus terbanyak warga terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari wilayah Kecamatan Sungailai yang mencapai 191 kasus dan wilayah Kecamatan Mendo Barat sebanyak 119 kasus," jelas Boy Yandra.

Dia mengatakan pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif sudah dikarantina untuk mendapatkan perawatan kesehatan secara intensif baik di balai diklat provinsi dan di asrama haji maupun ditempat karantina lainnya.

"Sebagian besar warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan pasien dengan status transmisi lokal atau tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar pulau Bangka," katanya.

Boy Yandra mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan serta harus yakin bahwa hasil tes usap atau swab tidak ada unsur rekayasa namun murni hasil laboratorium sesuai dengan kondisi pasien.

"Masyarakat juga saya minta bersabar untuk mendapatkan hasil tes usap mengingat  sampel tes di laboratorium yang akan diuji jumlahnya mencapai ribuan berasal dari berbagai daerah di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020