Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan laporan terkait dugaan perusakan fasilitas di objek wisata Bukit Menumbing.

"Kami sudah menerima laporan dari kawan-kawan di lapangan terkait rusak-nya fasilitas tulisan penanda Menumbing yang berlokasi di gerbang masuk objek wisata tersebut," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno di Mentok, Jumat.

Ia menduga, tulisan penanda tersebut rusak bukan karena faktor cuaca, tetapi kemungkinan dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Sekitar pukul 24.00 WIB saat petugas melakukan pemantauan di lokasi, tulisan itu masih utuh, kemungkinan kejadian setelah itu," ungkap-nya.

Ia mengimbau agar seluruh masyarakat di daerah itu bisa ikut menjaga fasilitas di kawasan objek wisata agar semakin menarik dikunjungi wisatawan dalam dan luar daerah.

"Perlu kesadaran bersama dalam membangun pariwisata daerah, rusak-nya fasilitas di objek wisata sudah beberapa kali terjadi dan kejadian ini akan kami tindaklanjuti," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya saat ini sedang menyiapkan laporan ke Polsek Mentok agar bisa ditindaklanjuti.

Kapolsek Muntok, AKP Taufik Zulfikar mengatakan sampai saat ini belum menerima laporan secara resmi dari pihak Pemkab Bangka Barat terkait kejadian itu.

"Baru secara lisan dan tadi beberapa anggota sudah datang ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan awal," katanya.

Ia mengatakan masih menunggu laporan resmi dan siap membantu menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan untuk menemukan para pelaku.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021