Perum Damri Cabang Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka trayek baru rute Tanjung Pandan - Membalong guna mempermudah akses transportasi umum bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan regular dan wisata dengan tarif terjangkau.

"Pembukaan rute baru memang permintaan dari masyarakat Kecamatan Membalong terkait angkutan karena memang daerah tersebut masih terisolasi terkait angkutan," kata Manager Usaha Perum Damri Cabang Pangkal Pinang, Hendra Lela di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, dalam melayani rute tersebut pihaknya mengoperasikan dua unit "shuttle bus" berkapasitas 14 penumpang dan tarif Rp20 ribu untuk sekali perjalanan.

"Tarifnya sangat murah dan terjangkau karena ini ada subsidi," ujarnya.

Baca juga: Perum Damri operasikan enam angkutan KSPN di Belitung

Ia menjelaskan, rute Tanjung Pandan - Membalong tersebut akan melintasi sejumlah hotel-hotel yang ada di seputaran kota Tanjung Pandan dilanjutkan menuju Membalong dan titik akhir adalah kawasan pantai Teluk Gembira.

Hendra menambahkan, selain sebagai sarana angkutan umum bagi masyarakat, armada tersebut juga diperuntukkan sebagai angkutan wisata bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kecamatan Membalong.

"Karena memang segmentasi dari pengoperasian bus tersebut juga sebagai angkutan bagi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," katanya.

Dirinya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kehadiran rute baru tersebut dengan sebaik mungkin bagi kemajuan perekonomian dan pariwisata.

"Jadi ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat jangan sampai sudah kami penuhi keinginannya terkait kebutuhan angkutan namun jika tidak dimanfaatkan mungkin akan ada pertimbangan oleh Kementerian misalnya bisa dicabut," ujar Hendra.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021