Pangkalpinang, 11/2 (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan mengelar 'Sumbasel Expo and Forum 2013' dalam upaya memancing minat investor berinvestasi di kawasan itu.

"Kegiatan Sumbasel Expo and Forum 2013 akan diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa pada Kamis (7/3) di Hotel Novotel Convention Center Babel," kata Kepala Bappeda Babel Nazarlius di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan, Sumbasel Expo dan Forum 2013 akan digelar selama empat hari, merupakan pameran potensi investasi dan produk unggulan terbesar di kawasan Sumatera bagian selatan sehingga akan terjadi kesetaraan dan percepatan pembangunan di Indonesia.

"Pameran ini diikuti dinas-dinas di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten/kota, kementerian, perusahaan BUMN, BUMD dan perusahaan swasta akan dikunjungi 20 orang investor dari Amerika Selatan dan investor dalam negeri," ujarnya.

Ia berharap pameran ini memberikan masukan positif untuk perkembangan investasi, misalnya, jumlah pengunjung, terjadinya transaksi bisnis di berbagai sektor khususnya sektor pariwisata antara peserta pameran dengan investor.

"Saya tekankan kepada pihak memprakasai kegiatan ini, jangan seperti selama ini, kita ketemu tapi habis pertemuan bubar, tidak ada tindaklanjut atau hasil kegiatan tersebut," ujarnya.

Event ini diprakarsai oleh PT Garindo Media Tama bekerja sama dengan Pemprov Babel.

Project Manager PT Garindo Media Tama Galih Aditya menyatakan Sumbasel Ekpo and Forum 2013 mengambil tema 'Best investment in best region'  menjadi media untuk menggali potensi kekayaan Indonesia yang berada di kawasan sumatera bagian selatan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kedutaan besar negara sahabat yang ada di Indonesia untuk mendatangkan pembeli potensial dan investor dan sudah dipastikan ada 20 orang investor dari Amerika Selatan yang akan hadir di ivent ini," ujarnya.

Ia mengatakan banyak manfaat yang bisa didapat dari mengikuti kegiatan ini diantaranya bertemu langsung dengan para pengusaha dan potensial investor terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Selain itu, melakukan transaksi bisnis investasi dan dagang secara langsung, mempromosikan potensi dan perdagangan secara lebih luas, mengetahui secara langsung tentang peluang investasi dan bisnis di sumatera bagian selatan.

"Kami menargetkan adanya transaski jual beli komoditas dan produk unggulan dalam jumlah besar, meningkatkan investasi, meningkatnya atensi pemerintah pusat dan daerah, berkembangnya semua daerah di kawasan bagian sumatera selatan  dan menjadi acuab kawasan lain dalam kesetaraan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, sampai saat ini, sudah banyak peserta yang memastikan ikut even ini, peserta dari Pemprov Babel terdaftar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas PU, Disperindag, Distamben, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, badan teknologi Nuklir dan BPOM.

Dari Kabupaten Bangka diikuti BKMD, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dari Kabupaten Bangka Tengah diikuti Dinas kebudayaan dan pariwisata, Disperindag.

"Kami harapkan seluruh dinas di pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk ikuti berpartisipasi memeriahkan pameran ini sebagai peserta, karena kegiatan ini sangat baik untuk mempromosikan potensi daerah kepada pelaku bisnis dalam dan luar negeri," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013