Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan meminta masyarakat mendukung kegiatan pelebaran jalan wisata sekitar 8 km di wilayah itu karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Saya mendorong masyarakat terutama bagi warga yang terdampak kegiatan perlebaran jalan wisata untuk mendukung kegiatan itu guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan," kata Mulkan di Sungailiat, Rabu saat sosialisasi rencana perlebaran jalan wisata.

Pelebaran jalan wisata dari 4,5 meter menjadi 7 meter sepanjang lebih kurang 8 kilometer harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat terutama bagi warga yang lahannya terkena kegiatan proyek itu.

"Dukungan masyarakat diperlukan karena dalam pelaksanaan proyek yang menelan dana sebesar Rp52 miliar tidak disediakan anggaran ganti rugi lahan," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka, akan membantu pengurusan sertifikat jika lahan atau tanahnya terkena pelebaran jalan.

"Kami akan membantu pengurusan sertifikat jika terjadi perubahan volume yang lahannya terkena dampak pelebaran jalan," kata Mulkan.

Peran dukungan masyarakat merupakan wujud dari lima pilar mewujudkan pembangunan daerah yakni, pemerintah, organisasi dan media massa, pengusaha, dan masyarakat.

Pembangunan infrastruktur dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan termasuk pula peningkatan pendidikan dan kepariwisataan.

"Saya optimis pelebaran jalan wisata akan mempermudah mobilitas wisatawan berkunjung ke objek wisata, dan menjadi amal jariyah bagi warga yang lahannya terkena dampak," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021