Unsur pimpinan daerah di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadi kelompok prioritas pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

"Saya sudah divaksinasi, berjalan lancar dan tidak ada kendala," kata Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin usai disuntik vaksin di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, tim kesehatan melakukan skrining kesehatan sebelum divaksin untuk memastikan pejabat daerah memenuhi kriteria untuk menerima dosis vaksin sinovac itu.

"Setelah divaksin, kemudian tim kesehatan melakukan observasi selama 30 menit terhadap hasil pemberian dosis sinovac," ujarnya.

Vaksin COVID-19 juga diberikan kepada Ketua DPRD Fezzi Uktolseja, Kapolres AKBP Jojo Sutarjo, Kepala Kejaksaan Negeri Manggar Abdur Kadir, unsur Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Kepada masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi nantinya jangan menolak divaksin, tidak ada efek samping dan bahkan sebaliknya membantu membendung serangan virus," ujarnya.

Pemkab Belitung Timur mendapatkan pembagian sebanyak 2.276 vaksin dan dikirim dalam dua tahap.

"Sementara data dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur mencatat sebanyak 1.138 sasaran vaksinasi," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, Yulhaidir mengatakan pihaknya sudah dikonfirmasi dari pihak Loka POM Kabupaten Belitung bahwa Emergency Use Authorization (EUA) sudah dikeluarkan BPOM.

"Kita sudah dikonfirmasi dari Loka POM bahwa EUA sudah dikeluarkan. Selanjutnya vaksin itu sudah bisa langsung dikirim dari Provinsi Babel ke Beltim,” kata Yulhaidir.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021