Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar "operasi semut" dalam rangka menyambut kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno selama dua hari di daerah itu.

"Kami menggelar "operasi semut" yaitu menyisir dan membersihkan sampah-sampah yang ada di pinggir jalan sepanjang rute yang dilalui dalam kunjungan Menteri," kata Kepala DLH di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, Menparekraf dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Belitung selama dua hari mulai Jumat (5/1) hingga Sabtu (6/1) dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di daerah itu.

Dalam rangka menyambut kunjungan tersebut sebanyak 135 personel DLH diturunkan guna membersihkan sampah-sampah yang masih ditemukan di pinggir jalan sepanjang rute yang nantinya dilalui oleh Menteri Sandiaga Uno.

Ia menjelaskan, petugas kebersihan telah menyisir dan membersihkan sejumlah titik diantaranya adalah jalan Air Merbau hingga destinasi bukit peramun di Desa Selumar serta jalan menuju Hkm Desa Juru Seberang.

"Dan sejumlah titik di KV Senang, Masjid Jamik Al Mabrur, Jembatan Kubu dan kami sangat terbantu dengan Satgas kebersihan yang ada di Desa," ujarnya.

Edi menambahkan, melalui operasi tersebut ratusan kilogram sampah berhasil dikumpulkan diantaranya sampah plastik seperti bekas botol minuman dan makanan cepat saji.

"Masih banyak sampah yang berhasil kumpulkan terdiri dari bekas botol minuman dan makanan kami sangat menyanyangkan kesadaran masyarakat masih rendah dalam menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021