Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan bantuan 2.000 bibit durian namlung kepada petani untuk meningkatkan produksi buah durian khas di daerah itu.

"Bantuan bibit durian namlung akan dibagikan kepada kelompok petani secara gratis," kata Kepala Distanbunak Babel Toni H.A. Batubara di Pangkalpinang, Selasa.

Bantuan bibit durian itu, kata dia, merupakan upaya pemerintah untuk menjadikan Babel sebagai daerah sentra durian nasional.

"Dalam waktu dekat ini, kita akan membagikan bibit kepada petani dan diharapkan mampu memotivasi warga untuk mengembangkan buah bernilai ekonomi tinggi itu," katanya.

Selain memiliki nilai ekonomi tinggi, kata dia, durian namlung juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis tanaman buah lain, seperti pangsa pasar luas, potensi komoditas ekspor, dan secara budaya warga sudah terbiasa mengembangkan durian.

"Pengembangan durian ini, membutuhkan budi daya secara konsisten dan serius dalam membudidayakan durian ini," katanya.

Dalam upaya menjadikan Babel sebagai sentra durian, pihaknya juga melakukan optimalisasi kebun durian tidak produktif dengan menggandeng sejumlah kelompok tani.

"Kami akan melakukan perluasan lahan kebun durian seluas 20 hektare," ujarnya.

Menurut dia, durian namlung  sudah terkenal sejak dulu, namun produksinya selalu tidak bisa memenuhi permintaan pasar.

"Durian namlung merupakan jenis unggul namun produksinya masih minim karena belum banyak petani durian yang membudidayakan durian namlung," ujarnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015