Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengintensifkan pengawasan di objek wisata atau area publik lainnya guna mencegah tindak pelanggaran hukum di daerah itu.

"Kami mengintensifkan pengawasan di objek wisata dan area publik lainnya untuk mencegah tindak pelanggaran hukum serta memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan melalui Kabag Ops Kompol Ricky di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, dalam mewujudkan kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan harus dilakukan bersama-sama termasuk peran aktif masyarakat.

"Kondisi pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir satu tahun, menuntut semua pihak untuk bersatu padu menjaga keamanan dan ketertiban dengan tetap mengedepankan pencegahan penyebaran virus corona jenis baru," katanya.

Menurut dia, fokus pengawasan di objek wisata seperti pantai karena kawasan tersebut lebih sering dikunjungi warga dari berbagai daerah terutama saat liburan.

"Potensi kejahatan dapat dicegah sedini mungkin selama semua lapisan masyarakat berkomitmen melakukan pencegahan seperti pemanfaatan dan pemberdayaan sistem keamanan lingkungan," katanya.

Ia mengatakan, menjaga kondisi lingkungan agar tetap aman dan tertib tidak hanya tugas aparat keamanan, tetapi juga menjadi tugas bersama anggota masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dia mengimbau warga jika mengetahui adanya dugaan ancaman pelanggaran hukum segera melapor ke aparat desa atau kepolisan terdekat untuk dilakukan tindakan.

"Saya minta masyarakat jangan sekali-kali melakukan tindakan main hakim sendiri kepada pelaku tindak kejahatan karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain," kata Ricky.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021