Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu akses pasar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan dan daya saing produk.

"Kami bersama pemerintah daerah sebagai mitra kerja akan terus membantu para pelaku UMKM, terutama membuka akses pasar hingga keluar daerah agar produk khas daerah bisa bersaing di pasar," kata Ketua Dekranasda Belitung Timur, Purwenda Puspitasari di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, setidaknya ada sekitar seratusan lebih pelaku usaha kecil menengah yang menjadi binaan pemerintah dan Dekranasda belitung Timur yang menghasilkan beragam produk khas lokal.

"Mereka tentu terus dibina dan didorong, terutama dalam meningkatkan kualitas produk dan pangsa pasarnya," ujarnya.

Menurut dia, program kerja Dekranasda ke depan yang menjadi prioritas adalah meningkatkan sumber daya manusia pelaku usaha, membenahi manajemen usaha, peningkatan kualitas produk dan memperluas akses pasar.

"Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, tentu peran pelaku UMKM sangat menentukan dalam menggerakkan roda perekonomian karena sektor ini lebih kuat dan tidak tumbang," ujarnya.

Dekranasda, kata dia, akan terus bersinergi dan bekerja sama memberi dukungan dan akses kepada perajin untuk tetap bangkit dan berkarya dalam meningkatkan produksinya.

"Bantuan dari pemerintah daerah harus tetap digulirkan agar pelaku usaha lebih kuat dan mapan dalam menjalankan usahanya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021