Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kasus baru COVID-19 bertambah 62 orang, sehingga kumulatif masyarakat terkonfirmasi virus corona itu menjadi 7.717 jiwa.

“Penambahan orang terkonfirmasi COVID-19 ini, semakin mengafirmasi bahwa penyebaran dan penularan virus corona belum berakhir dan masih terus terjadi di masyarakat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan berdasarkan data terbaru pada Senin (8/3) malam, penambahan 62 orang terkonfirmasi COVID-19 tersebar di Kota Pangkalpinang 13, Kabupaten Bangka 12, Bangka Tengah 15, Bangka Barat 9, Bangka Selatan 1 dan Kabupaten Belitung Timur 12 orang.

Pasien dinyatakan selesai isolasi 7.094 orang (bertambah 49 orang) tersebar di Pangkalpinang 14, Bangka 8, Bangka Tengah 13, Bangka Selatan 2, Belitung 12 orang.

“Dengan 49 orang hari ini yang selesai menjalani isolasi, maka persentase tingkat orang sembuh dari COVID-19 turun 91,93 persen dibandingkan hari sebelumnya,” ujarnya.

Dia mengatakan dalam seminggu terakhir orang yang terpapar dan dinyatakan positif 437 orang. Hal itu artinya orang yang terkonfirmasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami sedikit peningkatan.

“Kesadaran dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan adalah cara paling sederhana dan mudah serta murah agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terpapar COVID-19,” katanya.

Ia menambahkan penanganan COVID-19 membutuhkan kerja sama, sinergi dan kolaborasi.

“Saat ini, sinergitas menjadi kata kunci kita untuk fokus dan serius menangani COVID-19 dan pada saat yang sama mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan sosial sebagai akibat dari pandemi,” katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021