Sebanyak 12 orang di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti tes tertulis seleksi calon Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangka periode 2021-2026 yang diselenggarakan pemerintah setempat.

Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten Bangka M Yasir di Sungailiat, Selasa, mengatakan ke 12 orang yang mengikuti seleksi tertulis adalah peserta yang dianggap memenuhi syarat administrasi sebelumnya.

"Tes tertulis dilaksanakan selama satu hari dan dilanjutkan tes wawancara selama satu hari juga pada Rabu (10/3) yang diuji oleh tiga orang," jelasnya.

Untuk menjaga netralitas dalam seleksi penetapan calon ketua Baznas, kata dia, pihaknya melibatkan tiga orang penguji dari unsur pemerintah daerah, kementerian agama dan unsur psikologi rumah sakit jiwa.

"Hasil penilaian tes tertulis dan wawancara akan menentukan peringkat masing-masing peserta, hasil peringkat akhir ini kami serahkan ke kepala daerah untuk menentukan yang berhak menjadi Ketua Baznas Kabupaten Bangka periode 2021-2026," katanya.

Semua calon yang mengikuti tes tertulis hari ini kata Yasir, dinilai memiliki kompetensi bidang pengelolahan zakat, bersedia bekerja penuh waktu, tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana dan juga tidak merangkap jabatan.

Lembaga Baznas mempunyai tugas merencanakan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021