Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memperkuat sektor kemaritiman untuk menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi virus corona baru.

"Sektor kemaritiman terus diperkuat, masyarakat pesisir yang mayoritas nelayan terus diberdayakan terutama penduduk yang tinggal di pulau terluar seperti Dusun Pulau Nangka," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan pengembangan sektor kemaritiman atau potensi kelautan dan perikanan sesuai dengan visi dan misi serta cita-cita daerah yaitu pemberdayaan masyarakat pesisir.

"Saya sudah turun di Pulau Nangka bersama Kapolda Babel untuk melihat dan menyerap langsung aspirasi warga terkait apa yang mereka butuhkan serta melihat potensi apa yang bisa dikembangkan di pulau tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan warga Pulau Nangka yang mayoritas nelayan tentu membutuhkan bantuan terkait dengan pekerjaan mereka sehari-hari.

"Pemerintah tentu responsif terhadap kebutuhan warga terutama para nelayan di Pulau Nangka, seperti peralatan tangkap dan bantuan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," ujarnya.

Fasilitas pendukung lainnya yang bakal dibangun, kata dia, yaitu dermaga tambatan perahu nelayan di Pulau Nangka.

"Dermaga tambatan perahu nelayan termasuk pembangunan skala prioritas kami, sudah kamu usulkan kepada Pemprov Babel karena memang anggarannya cukup besar tentu butuh dukungan provinsi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021