Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), membangun beberapa destinasi wisata baru untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Pembangunan sejumlah destinasi wisata baru ini merupakan salah satu upaya kami untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata yang selama pandemi COVID-19 menurun," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan destinasi baru itu akan menjadi alternatif tempat rekreasi yang representatif dan akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung sehingga menjadikan lokasi semakin nyaman disinggahi wisatawan maupun warga setempat yang ingin berekreasi.

Maulan mengatakan salah satu tempat rekreasi yang dibangun yaitu di kawasan Taman Sari, yang saat ini sudah dilengkapi mushala lebih representatif, rumah pohon, dan kolam ikan.

"Kami juga sudah membangun destinasi baru yang diresmikan Juni 2020 yaitu Kampoeng Tige Oerang di Kelurahan Tuatunu serta Kampung Senyum yang dapat dijadikan sebagai spot baru untuk berfoto," ujarnya.

Masyarakat juga diizinkan berkunjung halaman rumah dinas wali kota untuk melihat lima ekor rusa totol yang merupakan kado dari Istana Bogor kepada Kota Pangkalpinang.

"Beberapa waktu lalu Tugu Titik Nol Bangka di Jalan Merdeka juga diresmikan sebagai ikon baru pariwisata," kata dia.

Selain itu pemkot juga melanjutkan pembangunan di Pantai Pasir Padi guna melengkapi fasilitas di kawasan tersebut, seperti pembangunan pedestrian, toilet, dan tiga unit ruang ganti terpisah antara laki-laki dan perempuan juga memfasilitasi para penyandang disabilitas.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021