Badan Urusan Logistik (Bulog) Bangka, Provinsi Kepulauan bangka Belitung mengatakan persediaan bahan pokok di daerah itu aman hingga tiga bulan ke depan.

"Bahan pangan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan daging beku di Bangka Belitung, aman hingga tiga bulan ke depan," kata Kepala Cabang Perum Bulog Bangka, Taufiqurakhmah di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan sebagai distributor dan stabilitator penyedia maupun pengelola cadangan pangan pemerintah serta bantuan sosial penugasan pemerintah pusat, setiap tahun mempersiapkan cadangan pangan untuk pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota.

Saat ini persediaan beras medium 975 ton, gula 15 ton, daging sapi 225 kilogram, daging kerbau lima ton dan minyak goreng 17.000 liter.

"Untuk mengeluarkan tentu harus ada pengajuan dari pemerintah ke Bulog," katanya.

Untuk harga eceran tertinggi (HET) beras medium yakni Rp9.900 hingga Rp11.000, sedangkan harga beras premium tertinggi Rp13.000 dan saat ini harganya masih di bawah HET.

"Harga beras bisa dijamin tidak naik, karena saat ini sedang musim panen, sementara untuk cadangan pangan pada 2020-2021 di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota di Babel belum menggunakan cadangan pangan yang tersedia," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021