Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penguatan kelembagaan dengan membahas standar operasional prosedur (SOP) terkait penyelesaian sengketa pemilu.

"Kami membahas pola penanganan sengketa pemilu yang sesuai SOP bersama tim dari Bawaslu Babel," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan SOP yang dibahas bersama itu sangat penting bagi pengawas sebagai pedoman dalam menangani setiap perkara sengketa proses.

"Pembahasan SOP perkara sengketa ini mulai dilakukan dari sekarang mengingat pada 2022 sudah masuk tahapan Pemilu 2024," ujarnya.

Ia mengatakan SOP itu dibahas secara lengkap sehingga bisa menjadi pedoman dan dasar dalam menggelar sidang perkara sengketa pemilu.

"Ini bagian dari penguatan penting di internal Bawaslu Bangka Tengah, sehingga ada pembenahan-pembenahan ke depannya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan program penguatan yang khusus dilaksanakan pihak Bawaslu Bangka Tengah yaitu penguatan di bidang kehumasan.

"Kami pikir ini juga sangat penting, humas menjadi jembatan informasi dan penghubung antar lembaga juga hubungan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021