Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus melakukan pengawasan terhadap penyusunan data pemilih berkelanjutan yang dilakukan pihak KPU setempat.

"Kendati tidak dalam tahapan pilkada, namun pengawasan tetap dilakukan terutama terhadap data pemilih berkelanjutan," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Jumat.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terkait dengan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

"Validasi data pemilih ini sangat penting karena perubahan akan tetap ada terutama terkait dengan warga yang sebelumnya belum memiliki hak pilih namun nanti sudah punya hak pilih," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi mengatakan, pemuktahiran data pemilih berkelanjutan dilakukan untuk mendapatkan data yang berkualitas dan akuntabel.

"Pemuktahiran data berkelanjutan ini diagendakan setiap bulan, sesuai dengan arahan KPU RI," ujarnya.

Ia menambahkan, partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 mencapai angka 76,71 persen berdasarkan data dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Partisipasi pemilih sudah di atas target nasional yang hanya 75 persen," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021