Wakil Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi gerakan sosial donor darah bersama yang dilakukan Komunitas Pendonor Darah (KPD), PMI dan BKPRMI dan masyarakat Riau Silip.

"Saya memberikan apresiasi penuh gerakan sosial donor darah dan pelayanan kesehatan gratis yang  dilakukan sejumlah organisasi dan masyarakat guna membantu  masyarakat yang membutuhkan darah atau pasien Thalassemia," katanya di Riau Silip, Minggu.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari peduli penyandang Thalassemia cukup penting mengingat penyakit Thalassemia sampai saat ini belum ditemukan obatnya dan pasien hanya dapat menerima transfusi darah dari pendonor.

Wabup yang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya mengajak masyarakat untuk berperan membantu kepada sesama terutama pemenuhan ketersediaan stok darah di lembaga PMI.

"Darah yang berhasil digalak oleh PMI dari masyarakat akan disalurkan kembali ke masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan golongan darah yang diperlukan," katanya.

Sebagai bentuk apresiasi, masyarakat yang telah mendonorkan darahnya mendapat bantuan beras dan bibit alpukat serta durian untuk ditanam.

"Saya berharap, kegiatan sosial kemanusiaan seperti ini dapat terus dilakukan dengan melibatkan peran aktif masyarakat di sejumlah wilayah lainnya," saran wabup.

Selain wabup, camat Riau Silip dan sejumlah warganya turut berperan mendonorkan darahnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021